4 Alasan Tidur Tengkurap Bisa Timbulkan Sakit Pada Anggota Tubuh

Bahaya Tidur tengkurap
Bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan

Kebiasaan untuk tidur dengan posisi tengkurap ternyata tidak baik dan dapat menimbulkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Bahaya tidur tengkurap ini bisa memicu masalah kesehatan pada tubuh.

Setiap orang memiliki pilihan posisi tidur sendiri, banyak yang percaya pemilihan posisi tidur dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan, namun ternyata ada beberapa posisi yang dapat membuat waktu istirahat kamu lebih optimal, bisa tidur dengan pulas dan ketika bangun badan terasa lebih rileks.

Ada banyak posisi tidur yang biasa dilakukan orang. Ada beberapa orang suka tidur miring, memeluk bantal, sementara yang lain lebih suka berbaring telentang sepanjang malam dan juga mungkin dengan cara tengkurap.

Kendatipun posisi tidur tidak ada aturannya namun ada beberapa posisi yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan anggota tubuh, yakni posisi dengan cara tengkurap. Lantas seberapa buruk posisi tidur dengan cara tengkurap? Simak penjelasan di bawah ini seperti dilansir dari situs Livestrong.

Bahaya Tidur Tengkurap untuk Tubuh

1. Dapat Menyebabkan Sakit Leher

Menurut ahli spesialis tidur, Michael Breus, PhD, posisi tidur tengkurap adalah hal yang paling buruk. Posisi ini sering menyebabkan rasa sakit dan nyeri, terutama di leher kamu karena ketika orang tidur tengkurap, posisi leher terangkat terlalu tinggi. Ditambah, leher akan terpelintir ke satu sisi sepanjang malam. Akibatnya, banyak yang mengalami sakit leher di pagi hari setelah tidur tengkurap.

Usahakan untuk menghindari posisi tengkurap secara berlebihan, karena saat posisi ini pula kamu tidak akan memposisikan wajah kamu ke bawah malah bisa bikin kamu jadi kesulitan bernafas. Selain itu leher terlalu sering menoleh ke satu sisi juga tidak disarankan.

2. Dapat Menyebabkan Nyeri Punggung Bawah

Pasti kamu masih muda tidak ingin merasa sakit punggung bawah yang kerap dirasakan oleh lansia. Sakit nyeri punggung bawah bisa menyerang kamu dan menjadi masalah ketika kamu tidur tengkurap. Menurut Klinik Cleveland, posisi tengkurap leher dan tulang belakang dapat memberi tekanan ekstra pada sendi di tulang belakang dan punggung bawah. Akibatnya sulit untuk menjaga tulang belakang kamu sejajar dengan benar kalau kamu selalu tidur tengkurap sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit dalam jangka panjang.

3. Merasa Tidak Nyaman dan Sering Bergerak Karena Lengan Terasa Mati Rasa

Kalau kamu sering merasa lengan kamu mati rasa saat tidur bisa jadi karena posisi tengkurap. Ketidaknyamanan yang dapat ditimbulkan oleh posisi ini adalah orang yang tidur tengkurap cenderung lebih sering bergeser atau tersentak di malam hari yang menyebabkan gangguan tidur. Dan seseorang yang kurang tidur secara berkualitas dapat terkait dengan semua jenis efek kesehatan negatif, seperti kelebihan berat badan dan tekanan darah tinggi.

4. Tidak Baik untuk Kesehatan Lambung

Salah satu efek buruk lainnya dari tidur tengkurap adalah dapat memperburuk gejala asam lambung. Saat kamu berdiri atau duduk tegak, gravitasi membantu mencegah asam di perut untuk naik kembali ke tenggorokan, demikian dilansir dari GI Society. Namun ketika sedang berbaring di tempat tidur, tidak ada gravitasi yang membantu mencegah naiknya asam lambung, sehingga asam lambung lebih mudah naik dan mengganggu tidur.

Demikian beberapa dampak yang akan kamu rasakan ketika kamu terlalu sering tidur dengan posisi tengkurap. Gak mau kan ya merasakan tidur tidak nyaman, yuk mulai sekarang sering ubah posisi tidur kamu ya Bintarians demi kesehatan. Dan kesimpulannya semua posisi tidur tidak ada idealnya seperti apa, hanya saja ada posisi yang baik dan buruk bagi kesehatan, semua itu tergantung dari tingkat kenyamanan kamu selama beristirahat.

Give a comment

You must logged in to give a comment.