Berbuka Puasa di Tengah Casa de Rote yang sarat akan budaya

Casa de Rote
Sensasi Iftar Istimewa di Casa de Rote

Rote merupakan wilayah kepulauan paling Selatan di Indonesia dan termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu, Rote terkenal dengan kekhasan budidaya lontar, musik sasando, dan topi adat Ti’i Langga. Kawasan yang terdiri dari puluhan pulau dengan enam pulau berpenghuni ini terkenal sebagai salah satu ‘surga’ pantai dan laut di Indonesia. Buat Bintarians memang gemar travelling, Rote bisa jadi salah satu wishlist tujuan wisata yang patut dikunjungi. Tapi, jika Bintarians belum berkesempatan pergi ke Rote, mungkin ada solusi mudahnya, yakni mengunjungi Casa de Rote di kawasan Pondok Kacang Timur, Pondok Aren. Tempat ini merupakan sebuah café dan restoran yang menyuguhkan atmosfer otentik khas Nusa Tenggara Timur, khususnya daerah Rote.

Casa de Rote yang rindang dan ramah

nuansa rindang dan penuh tanaman hijau
nuansa rindang dan penuh tanaman hijau

Memasuki kawasan restoran, Bintarians bakal disambut dengan nuansa rindang dan penuh tanaman hijau, karena selain tempat makan, lokasi ini juga punya memiliki taman dan aneka hasil organik juga. Di pintu masuk, Bintarians akan disambut dan diarahkan oleh staf yang ramah, untuk memilih tempat duduk. Mereka akan menjelaskan bahwa restoran ini memiliki area outdoor dan indoor. Jika lebih suka suasana yang lebih alami, duduk di area outdoor memang pilihan yang tepat.

area outdoor Casa de Rote

Nuansa khas Rote terasa begitu kental di dalam Casa de Rote, beragam ornamen-ornamen khas Rote, seperti aneka kain tenun yang digantung dan ditata sedemikian rupa. Mereka pun juga menyimpan aneka hasil kreasi dari tenun khas Rote, mulai dari baju hingga tas rotan yang dipajang di bagian depan restoran.

Casa De Rote
Kreasi dari tenun khas Rote, mulai dari baju hingga tas rotan

Bangku-bangku juga tak lepas dari motif khas Rote, baik pada  bagian sandaran maupun pada bungkus bantal. Bintarians bisa berkeliling dan akan menemui beberapa lampu khas dari rotan, patung kayu khas Rote, serta bangunan tradisional Rote yang sarat unsur kayu. Area indoor dan outdoor ditata sedemikian rupa agar membuat setiap tamu Casa de Rote merasa nyaman.

Casa De Rote
Area indoor yang sarat unsur kayu

Paket Ramadan di Casa de Rote

Pada bulan Ramadan ini, Casa de Rote memiliki beberapa paket menu lezat buat tamu yang ingin berbuka puasa. Terdapat 3 paket yang dapat Bintarians pilih, yaitu Paket A – Rp 150 ribu (Kolak Candil Seroja, Kapiratu Keraton, Sosil Solo, Betutu Fried Rice, Kurma Pudding), Paket B – Rp 175 ribu (Es Pisang Ijo Makasar, Beef Gyoza, Lumpia Semarang, Black Pepper Katsu Rice, Kurma Pudding), dan Paket C – Rp 200 ribu (Es Bubur Padang, Beef Burrito, Cakwe Medan Abon Se’i, Iga Bakar Bumbu Makasar, Kurma Pudding). 

Casa De Rote
Pizza dengan topping potongan daging Se’i Sapi

Namun buat Bintarians yang ingin menyantap menu makanan di luar paket tersebut, masih banyak pilihan lain. Beragam menu di sini mulai dari sajian lokal hingga menu masakan Western. Bahkan ada menu fusion yang menggugah selera, seperti yang BnB pesan, yakni Pizza dengan topping potongan daging Se’i Sapi. Tekstur dan rasa dari topping pizza ini menjadi kaya berkat aroma daging Se’i yang diolah secara tradisional. Harus dicoba!

Sedangkan untuk minuman, Casa de Rote juga punya banyak pilihan minuman segar yang diklaim nyaman di mulut dan nyaman di perut. Hal ini karena semuanya menggunakan bahan-bahan yang alami, guna menghasil citarasa yang nikmat. Untuk minuman yang BnB pilih ialah Elsje’s Lover Ginger Beer, meski memiliki nama bir, namun tidak ada kandungan alkohol sama sekali dan 100 persen halal. Minuman ini memiliki bahan dasar sari lengkuas dan sari jahe.

BnB menyarankan agar Bintarians yang mau datang ke Casa de Rote untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, apalagi jika datang bersama keluarga atau sejumlah teman, agar langsung dapat menempati tempat duduk. Untuk reservasi bisa kunjungi akun instagramnya di @casaderote dan pilih  beberapa link untuk memudahkan kebutuhan informasi Casa de Rote salah satunya reservasi. Casa de Rote yang menjadi salah satu Hidden Gem di Tangerang Selatan ini, berlokasi di Jalan Raya Pondok Kacang Timur no. 11, Pondok Aren. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 21.00. 

Give a comment

You must logged in to give a comment.