Bintaro Berbagi Tergugah Bantu Warga Yang Membutuhkan

Bintaro Berbagi
Bintaro Berbagi

Terbentuk atas rasa prihatin dari Nova Adriyanti dan rekannya, yang merasa aktivitas sosial di area Bintaro sangat jarang terlihat. Padahal, besar sekali potensi warga Bintaro untuk mampu saling berbagi. Salah satu alasannya ialah banyak dari warga Bintaro tidak tahu harus ke mana, karena saat itu belum atau tidak ada wadahnya

Kemudian berdirilah Bintaro Berbagi di tahun 2017, yang terdiri dari 5 orang. Hingga saat ini, ada sekitar 15 orang yang aktif dalam kegiatan. Pengurus aktif yang selalu terlibat seluruh kegiatan ialah Andika, Hadi, Via, Ayu, Angga, Ajeng, Endy, Atiek, Gigit, Daffa, dan Daphne.

Menjangkau Tepat Sasaran dan Membutuhkan

Bintaro Berbagi
Memberikan sarapan ke pesapon

Komunitas telah menjangkau dengan tepat sasaran dan sampai kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Seperti agenda rutin tiap Sabtu pagi untuk memberikan sarapan ke pesapon (penyapu sekitar wilayah), pemulung, hingga pekerja harian yang membutuhkan.

“Kita lihat jika mereka membutuhkan, maka kita bantu. Bukan hanya Sabtu pagi, kami tetap melakukan aksi sosial kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Pemberian bantuan tentunya tergantung dari jumlah donasi, jika menyanggupi kita bisa memberikan juga ke wilayah sekitarnya,” kata Nova.

Bintaro Berbagi Merchandise dan Donasi untuk Membantu Sesama

Bintaro Berbagi
Merchandise dan Donasi untuk Membantu Sesama

Bukan hanya menanti donasi dari para donatur, Nova dan beberapa rekannya kerap menjual merchandise berupa kaos dan gelang untuk mendapatkan donasi. “Kita berharap agar warga Bintaro, dewasa ataupun generasi milenial untuk tergugah dalam membantu sesama yang membutuhkan. Ada banyak cara mengumpulkan donasi, yakni bisa datang langsung membawa makanan atau menyumbangkan dana secara langsung,” ujarnya

Bintaro Berbagi juga memiliki program lainnya, yakni pemberdayaan pekerja lansia. “Kita mempekerjakan tukang cangkul untuk bisa mendapat gaji bulanan dengan menjadi pekerja potong rumput. Dan Bintaro Berbagi sendiri yang mencarikan klien dan mengkoordinasikan semuanya,” jelas Nova. 

Kegiatan Besar Juga Menjadi Program Sosial

Bintaro Berbagi juga rutin mengadakan program sosial di bulan Ramadhan dan tahun baru. Tahun baru biasanya ada apresiasi untuk para pesapu jalanan yang telah membersihkan sisa perayaan tahun baru. Selain itu, juga suka mengadakan temu komunitas, untuk brainstorming dan mengeksplor kegiatan apa lagi yang dapat dilakukan selanjutnya. 

Bintaro Berbagi mayoritas bergerak di sekitaran Tangerang Selatan, khususnya di Bintaro. “Kebanyakan orang menganggap Bintaro itu wilayah yang sudah baik dan mapan, tapi ternyata di balik lingkungan yang bagus dan tertata ini, masih banyak orang-orang yang hidupnya jauh dari berkecukupan,” ungkap Nova.

“Saat pandemi COVID-19 merebak di tahun 2020, begitu banyak orang terdampak. Bahkan saat kita berbagi sembako, banyak dari mereka yang bahkan sudah beberapa hari tidak mampu membeli beras dan bahan pokok, ini membuat Bintaro Berbagi merasa tersentuh, sekaligus termotivasi untuk dapat terus bergerak untuk mereka,” tuturnya.

Pertemuan rutin Bintaro Berbagai dilakukan maksimal 1 bulan sekali dengan sesi sharing dan pembuatan program lanjutan. Agar rasa berbagi tetap tumbuh dan berkembang untuk anggota dan semakin bermanfaat untuk penerima. Untuk mengikuti informasi terkini dari kegiatan, Bintarians dapat melihatnya di akun Instagram @bintaroberbagi.

Give a comment

You must logged in to give a comment.