Deretan Video Game Tanah Air Yang Patut Dijajal

Saat ini, video game sudah amat populer dengan banyak produksi game dari berbagai genre dan bahkan platform yang berbeda. Kutipan berasal dari laporan We Are Social, sekitar 94,5 persen pengguna internet yang berusia 16-64 tahun di Indonesia, memainkan video game per bulan Januari 2022.

Dengan sebaran video game dari berbagai macam negara yang berada di area Indonesia, apakah ada video game dari karya lokal? Nah Bintarians, sebenarnya ada beberapa video game atau game studio yang berasal dari Indonesia juga. 

Oleh karena itu, ada lima rekomendasi video game buatan lokal yang patut untuk para Bintarians coba. Lima game ini memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan game terkenal dari negara asing seperti Jepang, Cina, maupun Amerika.

1. Dreadout Series

Game Lokal Dreadout 2
Gameplay dari Dreadout 2

Dreadout merupakan video game horor yang mengambil latar dan tema utama di legenda setan-setan yang bernuansa Indonesia. Di game Dreadout, Bintarians akan bermain sebagai siswi SMA yang sedang mencari jalan keluar dari tempat yang penuh dengan teror setan. 

Game Dreadout pernah masuk ke skala global dengan salah satu YouTuber terkenal, Pewdiepie, memainkannya. Kesuksesan dari Dreadout memunculkan versi sekuelnya, yaitu Dreadout 2 dan bahkan adaptasi filmnya.

Platform: PC, Konsol(PS4 dan PS5)
Pengembang: Digital Happiness
Aplikasi: Steam, PS Store
Steam Store: https://store.steampowered.com/app/269790/DreadOut/

2. Troublemaker

Game Lokal Troublemaker
Game Troublemaker

Troublemaker adalah game lokal yang belum terlalu lama dirilis, yakni pada 31 Maret 2023 dan bergenre action. Game ini menceritakan kisah Budi sebagai murid sekolah pindahan baru yang ikut bersaing dengan siswa lainnya untuk mendapatkan hadiah fenomenal dari turnamen berlangsung di sekolah barunya. 

Highlight utama dari game Troublemaker adalah pertempuran dari video game yang ramai dan seru, wajib dicoba untuk Bintarians yang suka bermain action game. Bagi Bintarians yang menyukai humor atau lelucon, Troublemaker juga menawarkannya dengan dialog dan interaksi karakter yang enerjik.

Platform: PC
Pengembang: Gamecom Team
Aplikasi: Steam
Steam Store: https://store.steampowered.com/app/1498740/Troublemaker/

3. Lokapala

Game Lokal Lokapala
Lokapala MOBA

Game moba pada ponsel tentu telah menjajah pasar mobile market dengan adanya Mobile Legend, Arena of Valor, League of Legend Wild Rift, dan game lainnya. Namun, ada game moba khas lokal yang sudah di launch dan game itu bernama Lokapala. Lokapala itu sendiri adalah game moba yang mengambil estetika dan desain karakter yang memiliki tema Nusantara.

Berbagai perbedaan dan keunikan dari Lokapala tersedia dengan elemen-elemen peta seperti bush yang berbentuk jamur dan ciri khas lainnya. Kelembutan gameplay dari Lokapala juga terus berkembang dengan gerakan karakter yang lancar terutama dalam keberlangsungan pertempurannya.

Platform: Mobile Phone
Pengembang: Anantarupa Studios
Aplikasi: Google Play, App Store
Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.AnantarupaStudios.Lokapala
App Store: https://apps.apple.com/id/app/lokapala/id1587114985?l=id

4. A Space for The Unbound

Game Lokal A Space For The Unbound
A Space For The Unbound Game

Bintarians yang lebih suka mengikuti keindahan dari alur cerita video game dan petualangan, wajib untuk mencoba game yang satu ini. A Space for The Unbound mengisahkan Atma, seorang pelajar SMA yang menghabiskan waktunya menjelajah kota Loka bersama dengan pacarnya Raya dan mendapatkan buku ajaib yang dapat mempelajari hal-hal dalam dari pikiran manusia lain. Game ini juga menggabungkan elemen slice-of-life, adventure dan story-focused menjadi satu kesatuan. 

Game petualangan ini juga berhasil meraih berbagai penghargaan seperti Best Storytelling dari SEA Game Awards 2020, Best Game in Development dari Valencie Indie Rewards 2021, hingga meraih penghargaan kategori the Future Division dari Japan Game Awards 2022. Oleh karena itu, A Space for The Unbound dijadikan pilihan utama untuk para Bintarians yang ingin mencoba game lokal.

Platform: PC
Pengembang: Mojiken Studio
Aplikasi: Steam
Steam Store: https://store.steampowered.com/app/1201270/A_Space_for_the_Unbound/

5. Potion Permit

Game Lokal Potion Permit
Potion Permit

Ada juga video game dengan studio berasal dari Indonesia yang telah memasuki platform konsol seperti PS, Nintendo Switch, dan lainnya. Game tersebut adalah Potion Permit, game ini mengutamakan unsur RPG dua dimensi atau pixelated sebagai elemen utamanya.  Di game ini, Bintarians bermain sebagai alchemist muda yang memiliki berlimpah tugas yang harus diselesaikan secepatnya.

Game Potion Permit dapat memberikan rasa nostalgia para Bintarians yang mencintai bermain game RPG dari vibe game yang terkesan retro. Bahkan musik temanya mampu membawa aura game tahun 90an. Gameplay juga tidak terkesan bosan dengan banyaknya mini games, menjelajahi map yang luas, dan hal-hal asyik lainnya.

Platform: PC, Konsol (PS4,Nintendo Switch, dan PS5)
Pengembang: MassHiveMedia
Aplikasi: PS Store, Nintendo Store, Steam
Steam Store: https://store.steampowered.com/app/1337760/Potion_Permit/

Demikian adalah lima video game buatan lokal yang perlu dicoba oleh Bintarians. Semua game di atas mampu membuktikan bahwa karya lokal memiliki kualitas yang bagus dari segi gameplay hingga cerita, serta memberikan bukti kemajuan video game di Indonesia.

Buat Bintarian yang ingin lebih tahu tentang hobi dan komunitas di sekitar Bintaro, bisa disimak disini ya.

Give a comment

You must logged in to give a comment.