Yuk, Bangun! Pagi-pagi Rajin Jalan Kaki Berat Badan Turun

Manfaat Jalan Kaki
Ini Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Jalan kaki ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Sayangnya, tidak semua orang menyadari hal ini. Jalan kaki memang hal yang biasa, namun manfaat yang dihadirkan oleh jalan kaki tidak bisa disepelekan. Katanya, dari jalan kaki berat badan turun. Memang bisa?

Meskipun terlihat sepele, rutin berjalan kaki selama 30 menit ternyata bisa beri kesehatan pada tubuh, mulai dari turunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung. Dokter jaman Yunani kuno Hippocrates sudah mengatakan, “Berjalan adalah obat yang paling baik”. Ternyata berjalan tanpa henti selama 15-30 menit per hari bisa mengubah penampilan dan membuat tubuh tambah sehat.

Dilansir dari situs Healthline, berikut manfaat jalan kaki di pagi hari yang bisa turunkan berat badan.

Jalan Kaki Berat Badan Turun

1. Bisa tingkatkan energi

Memulai hari Anda dengan berjalan-jalan dapat memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari.

Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan selama 20 menit di luar ruangan mengalami lebih banyak vitalitas dan energi daripada mereka yang berjalan selama 20 menit di dalam ruangan. Kemudian sebuah penelitian kecil menemukan bahwa 10 menit berjalan di tangga lebih berenergi daripada secangkir kopi untuk 18 wanita yang merasa kurang tidur.

2. Tingkatkan suasana hati atau menenangkan pikiran

Jalan kaki di pagi hari selama 20 hingga 30 menit juga memiliki manfaat untuk psikologis kamu, di antaranya dapat membantu dalam hal-hal sebagai berikut:

  • Meningkatkan suasana hati
  • Mengurangi stres
  • Mengurangi kecemasan
  • Mengurangi kelelahan
  • Meringankan gejala depresi atau mengurangi risiko depresi

3. Dapat menurunkan berat badan

Berjalan di pagi hari dapat membantu kamu mencapai tujuan penurunan berat badan. Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori. 

Untuk menurunkan berat badan, kamu harus bantu dengan mengurangi asupan makanan yang dibekali kalori yang berlebihan secara konsisten. Sedikitnya kamu perlu mengurangi asupan kalori sebanyak 500 selama 7 hari untuk menurunkan 1 pon (0,45 kg) per minggu.

4. Mencegah penyakit jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 19 persen, penyakit lain seperti diabetes, juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah kamu.

Selain itu rutin jalan kaki di pagi hari juga meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah dan membantu kamu mengelola berbagai kondisi kesehatan lainnya.

5. Memperkuat otot

Jalan kaki dapat membantu memperkuat otot-otot di kaki. Untuk hasil terbaik, berjalanlah dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah untuk mengubah rutinitas dan menaiki tangga, berjalan naik turun bukit, atau berjalan di tanjakan di atas treadmill.

Berjalan 10.000 langkah setiap harinya, itu sama dengan berlatih di pusat kebugaran. Ditambah lagi, kemungkinan mendapat cedera lebih kecil. Ketika kamu rutin jalan kaki, tambahkan latihan penguatan kaki seperti squat dan lunges beberapa kali seminggu untuk otot yang lebih kencang.

Benarkah jalan kaki bisa turunkan berat badan?

Jika kamu ingin berjalan kaki setiap hari untuk menurunkan berat badan, penting untuk memulai secara perlahan dan secara bertahap meningkatkan durasi dan intensitas kamu agar hasilnya lebih maksimal.

Berjalan adalah bentuk olahraga yang bagus, dan berjalan selama 1 jam setiap hari dapat membantu penurunan berat badan dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Defisit 500 kalori per hari sudah cukup bagi kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan. Kamu dapat membakar sebagian kalori ini dengan berjalan kaki satu jam per hari.

Berjalan dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan selain penurunan berat badan, termasuk peningkatan mood dan kualitas hidup, serta penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Demikian manfaat jalan kaki di pagi hari yang bisa kamu maksimalkan untuk mendapatkan kondisi yang paling optimal di tubuh kamu, terlebih bila fokus pada penurunan berat badan. Hidup sehat mulai dari sekarang.

Give a comment

You must logged in to give a comment.