Saruga, Ritel Bebas Limbah yang Mengusung Cara Belanja Baru

Saruga
Belanja Ramah Lingkungan di Saruga Bintaro

Masalah sampah dan tingginya limbah plastik yang dihasilkan setiap hari memang merupakan problem yang terus menggunung. Tanpa tindakan yang nyata, masalah sampah akan terus ada dan berlipat ganda. Untuk itu, berbekal keresahan akan kompleksnya masalah limbah mendorong Adi Asmawan untuk membuka bisnis ritel bebas limbah bernama Saruga Package Free Shopping Store. Sejak berdiri pada tahun 2018 silam, Saruga yang terletak di kawasan Bintaro Jaya Sektor 1 ini menegaskan diri sebagai tempat belanja ramah lingkungan.

Saruga sendiri berdiri dengan model ritel bebas limbah yang menawarkan konsep baru dan menyegarkan. Konsep ini diakui dapat disosialisasikan khususnya kepada masyarakat yang sudah mulai peduli terhadap lingkungan dan secara perlahan kepada masyarakat luas. Upaya ini dilakukan agar masalah sampah bisa sedikit demi sedikit berkurang melalui peningkatan gaya hidup minim sampah. Dengan demikian, ekosistem dapat terjaga dengan baik.

Itu pula yang menjadi alasan kenapa tempat ini dinamakan Saruga. Saruga sendiri memiliki arti Surga. Artinya, bagaimana agar bumi tempat kita tinggal ini tetap nyaman untuk ditempati dan menjadi surga bagi para penghuninya. Oleh karena itu, semua bahan makanan yang kita dapatkan dari alam harus dijaga dan dikembalikan lagi ke alam dengan baik.

Saat berbelanja di Saruga, konsumen diwajibkan untuk membawa wadah sendiri dan dapat membeli sesuai kebutuhan. Harapannya, langkah ini dapat membantu menjawab salah satu masalah sampah yang muncul dari kemasan satu kali pakai yang terbuang begitu saja, terutama kemasan plastik yang susah diurai. 

Saruga Produk Kebutuhan Rumah Isi Ulang

Saruga
Produk yang dapat diisi ulang seperti sampo, sabun, aromaterapi, hingga cotton bud

Di Saruga, Bintarians dapat menemukan bermacam produk maupun kebutuhan rumah yang dapat diisi ulang. Produk-produk mulai dari perawatan tubuh berbahan alami, seperti sampo, sabun, aromaterapi, hingga cotton bud tersedia di sini. Saruga juga menjual beberapa barang ramah lingkungan, seperti sedotan stainless steel yang cocok untuk Bintarians yang sedang mengurangi penggunaan sedotan plastik.

Selain produk rumah tangga, Bintarians juga bisa menemukan kebutuhan dapur seperti daun salam, kelor, wijen putih, bawang putih, bawang goreng, ketumbar, paprika, rawit, kapulaga, rosemary, basil, celery, jahe, pala, lada putih halus, hingga jinten. Untuk bahan makanan jadi pun tersedia dari kopi, teh, cuka, kecap, oatmeal, sereal, corn flake, popcorn, kedelai, aneka macam pasta, chocochips, bubuk coklat, cranberry, sampai kismis. Jika Bintarians dihitung satu per satu, maka kemungkinan ada lebih dari 300 macam produk ramah lingkungan yang ada di Saruga ini.

saruga
tersedia beragam kebutuhan dapur seperti daun salam, kelor, wijen putih, bawang putih, bawang goreng, ketumbar,

Selain ramah lingkungan, berbelanja di Saruga juga menjadi lebih hemat karena produk-produk dijual secara curah. Dengan demikian, konsumen dapat memperkirakan seberapa banyak kebutuhannya sehingga tidak produk yang diberi secara berlebihan, terutama bumbu masak yang masa gunanya lebih pendek. Setelah memilih dan memasukkan ke dalam kemasan, penjaga toko akan menimbang dan menghitung harganya.

Berbisnis Sambil Mengedukasi

Secara tidak langsung, Saruga juga turut berperan dalam mengedukasi mengenai produk-produk yang mungkin belum diketahui konsumen sebelumnya. Misalnya terkait rasa garam Himalaya. Suatu hari ada konsumen datang membeli garam Himalaya dengan jumlah yang sama banyaknya dengan garam laut biasa. Saat itu, pihak Saruga menjelaskan bahwa garam Himalaya memiliki rasa lebih asin. Sehingga konsumen tersebut tetap membeli garam Himalaya dan mengurangi jumlah pembelian sesuai kebutuhan.

Saat ini, tak kurang dari 20 produsen yang menyuplai produknya ke Saruga. Produk-produk tersebut tak hanya hadir dari perusahaan besar seperti Unilever, namun juga sejumlah pelaku industri rumahan yang memiliki kualitas produk terbaik. Di samping tujuan utama mencari keuntungan untuk keberlangsungan bisnis, tujuan utama Saruga membuka praktik bisnis ritel ini adalah untuk membuat gerakan sadar akan masalah sampah serta pengelolaannya. Mengubah perubahan terutama untuk masalah kompleks memang harus dimulai dari hal terkecil agar sedikit demi sedikit membesar dan menyadarkan semakin banyak orang akan masalah ini. 

Maka dari itu, Bintarians yang ingin mulai menjalankan hidup dengan mengurangi sampah sekaligus memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui cara belanja ramah lingkungan, dapat mengunjungi Saruga Package Free Shopping Store yang berlokasi di Vivalicious Bintaro, Jalan Taman Bintaro Barat No. 1A, Bintaro Jaya, Jakarta Selatan. Setiap hari tempat ini beroperasi melayani konsumen, mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00. Ayo, Bintarians segera datang ya!

Give a comment

You must logged in to give a comment.