Lembaga Dakwah Islam Indonesia Mendalami Agama Sekaligus Berinteraksi Dengan Sesama

Lembaga Dakwah (LDII)
Lembaga Dakwah Islam Indonesia Mendalami Agama Sekaligus Berinteraksi Dengan Sesama

Jemaah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) melakukan berbagai kegiatan kolektif yang dipusatkan pada hal-hal religius. Uniknya, ketika berpartisipasi dalam sholat maupun pengajian, penulis bisa melihat komposisi beberapa kelompok keluarga yang tergabung dalam struktur jaringan kekerabatan jamaah LDII.

Kedekatan relasi jamaah LDII dapat dilihat dari cara mereka menyapa dan berinteraksi selepas beribadah. Beberapa jemaah memang tinggal dekat dengan masjid. Sisanya ada yang tersebar di wilayah lain. Bagaimanapun juga ketika adzan berkumandang, mereka tidak menjalankan ibadah di masjid terdekat, tetapi rela berjalan maupun berkendara menuju masjid bertanda LDII.

Maka, tidak heran jika jaringan kekerabatan jemaah ketika beribadah di masjid cukup mudah terbaca. Kebanyakan di antara jemaah LDII merupakan kerabat maupun pasangan yang memang terikat karena berasal dari lingkaran yang sama. Jamaah LDII memanfaatkan jaringan kekerabatan mereka untuk menyempurnakan perilaku saleh.

Kegiatan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)

Lembaga Dakwah Islam Indonesia
Kegiatan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)

Dalam praktiknya, jemaah LDII bukan hanya mengejar kepentingan material, melainkan juga mengejar kepentingan ideal. Kepentingan ideal yang dimaksud ialah upaya manusia untuk memperoleh makna hidup dan keselamatan diri. Praktik keseharian jamaah LDII yang didominasi dengan nilai religius, seperti pengajian rutin, membersihkan masjid, dan bersedekah yang dijalankan.

Dalam bidang Pendidikan Keterampilan, Kepemudaan dan Olahraga, LDII menyelenggarakan kursus keorganisasian, keterampilan, perkemahan pemuda, dan kegiatan Pramuka. Dalam bidang olahraga, di antaranya menyelenggarakan Pencak Silat Persinas ASAD (Ampuh Sehat Aman Damai) yang sudah menjadi anggota IPSI, sudah mengikuti turnamen Pencak Silat tingkat Nasional, dan turnamen sepak bola sampai tingkat Nasional dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Lembaga Dakwah LDII

LDII menyelenggarakan pengajian Al Qur’an dan Al Hadits dengan rutinitas kegiatan yang cukup tinggi. Di tingkat PAC (Desa/Kelurahan) umumnya pengajian diadakan 2-3 kali seminggu, sedangkan di tingkat PC (Kecamatan) diadakan pengajian seminggu sekali. Untuk memahamkan ajarannya, LDII mempunyai program pembinaan cabe rawit (usia prasekolah sampai SD) yang terkoordinasi di seluruh masjid LDII.

Selain pengajian umum, juga ada pengajian khusus remaja dan pemuda, pengajian khusus Ibu-ibu, dan bahkan pengajian khusus lanjut usia. Pada musim liburan sering diadakan Kegiatan Pengkhataman Al Quran dan hadits selama beberapa hari yang biasa diikuti anak-anak warga LDII dan non LDII untuk mengisi waktu liburan mereka. Dalam pengajian ini pula diberi pemahaman kepada peserta didik tentang bagaimana pentingnya dan pahalanya orang yang mau belajar dan mengamalkan Al Quran dan hadits dalam keseharian mereka.

Pengembangan mental agama dan akhlakul karimah jamaah dimulai sejak usia dini. Masa kanak-kanak merupakan pondasi utama dalam pembentukan keimanan dan akhlak umat, sebab pada usia dini seorang anak mudah dibentuk dan diarahkan. Forum pengajian cabe rawit juga diselingi dengan rekreasi dan bermain.

Sedangkan usia remaja perlu mendapat perhatian khusus dalam pembinaan mental agama. Sebagai bentuk kesungguhan dalam membina generasi muda, LDII telah membentuk tim Penggerak Pembina Generus (PPG) yang terdiri dari pakar pendidikan dan ahli psikologi.

Pengajian umum merupakan forum gabungan antara beberapa jamaah PAC dan PC LDII. Pengajian ini juga merupakan wadah silaturahmi antar jamaah LDII untuk membina kerukunan dan kekompakan antar jamaah. Semua pengajian LDII bersifat terbuka untuk umum, siapapun boleh datang mengikuti setiap pengajian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan Jamaah LDII, Bintarians dapat mengunjungi akun instagram-nya @utamapost .

Salah satu lokasi masjid LDII perwakilan Bintaro, berlokasi di Bintaro Jaya Sektor 2, Jalan H. Toran No.5, Rw 8 Ciputat Timur, Tangerang Selatan 15412.

Give a comment

You must logged in to give a comment.