Long Feng Tang Sajikan Kelezatan Menu Halal Khas Cina Utara

Long Feng Tang
Long Feng Tang, Restoran Chinese Muslim di Bintaro

Buat Bintarians yang menyukai kuliner Asia, terutama makanan Cina, maka harus coba mencoba aneka menu lezat yang ada di Long Feng Tang. Di restoran ini, Bintarians dapat menikmati kelezatan ragam makanan khas Harbin, ibu kota Provinsi Heilongjiang, Cina, yang yang berbatasan langsung dengan negara Rusia. Sehingga Long Feng Tang menyuguhkan banyak citarasa makanan yang mungkin sebelumnya belum pernah Bintarians dapatkan, berkat resep dan bahan asli dari wilayah Harbin.

Long Feng Tang sendiri memiliki arti yang kurang lebih bermakna ‘usaha suami dan istri yang bersama-sama untuk mencari uang’. Long Feng Tang dirintis oleh Fatimah Zahra (Wei Wei Yang) dan suaminya, Yuda Wardhana. Bisnis makanan ini dimulai oleh Fatimah ketika pindah ke Indonesia, karena dirinya kurang cocok dengan cita rasa makanan Cina yang banyak tersedia di Indonesia.

Bersama suaminya, Fatimah terlintas untuk mencoba berniaga makanan Cina yang halal dengan membuka Long Feng Tang, pada Januari 2021. Awalnya mereka hanya menempati area yang sangat kecil dengan menjajakan tiga macam menu saja. Berkat respon konsumen yang amat baik, maka di bulan Mei 2021, Long Feng Tang berpindah ke lokasi cukup besar yang ditempatinya saat ini.

Indoor Long Feng Tang
Area Indoor Long Feng Tang

Long Feng Tang mengusung konsep restoran dengan atmosfer khas Cina, sehingga membuat tamu yang datang ke restoran ini seolah sedang berada di negeri Cina, terlebih lagi ada irama lembut musik khas Negeri Tirai Bambu. Sebelum memesan menu makanan di Long Feng Tang ini, Bintarians dapat memilih area tempat duduk indoor maupun outdoor.

Outdoor Long Feng Tang
Area outdoor Long Feng Tang

Salah satu ciri khas makanan dari wilayah Harbin ialah rasa pedas dan berbumbu (spicy). Bukan tanpa alasan, karena wilayah Harbin memang memiliki suhu udara yang dingin. Karakter pedas tersebut berasal dari penggunaan cabai dan lada yang diimpor langsung dari negeri asalnya oleh Long Feng Tang, demi mendapatkan rasa masakan yang otentik.

Sebagai pembuka, Bintarians harus memesan Wonton Original. Secara sekilas, menu ini serupa dengan sup pangsit. Uniknya, setiap wonton tersebut baru dibuat setelah ada tamu yang memesan, jadi memang benar-benar segar. Sedangkan kuah supnya pun begitu kaya rasa, namun tidak terlalu pedas dan disertai dengan irisan ganggang laut.

Wonton, Menu Original Long Feng Tang
Wonton, makanan serupa sup pangsit menu original Long Feng Tang,

Selain Wonton Original, salah satu menu unggulan Long Feng Tang lainnya ialah Lazi Chicken. Sesuai namanya, menu ini menggunakan potongan ayam bagian paha untuk bahan dasarnya. Diolah secara digoreng terlebih dahulu, kemudian disatukan dengan irisan cabai kering dan butiran lada khas Cina. Hasilnya, potongan ayam yang renyah namun empuk di dalamnya, berpadu dengan rasa pedas yang tidak terlalu menyengat dan gurih.

Menu Lazi Chicken Long Feng Tang
Menu Lazi Chicken Long Feng Tang, potongan ayam bagian paha untuk bahan dasarnya

Menu khas Cina tentu tidak terlepas dari bahan dasar tahu. Nah, di Long Feng Tang ada menu lezat yang menggunakan tahu, yakni Mapo Tofu dan Tofu with Tomato Sauce. Bagi yang menyukai rasa pedas, maka Mapo Tofu pasti menjadi pilihan yang tepat. Potongan tahu lembutnya dipadukan dengan saus pedas yang beraroma unik. Sedangkan, Bintarians yang lebih menyukai rasa segar, maka menu Tofu with Tomato Sauce boleh dicoba. Kontras dengan Mapo Tofu, menu ini menggunakan tahu lembut, kemudian diolah bersama saus yang dibuat dari potongan tomat segar.

Menu Mapo Tofu dan Tofu with Tomato Sauce Long Feng Tang
Menu Mapo Tofu dan Tofu with Tomato Sauce.

Banyak ragam minuman di Long Feng Tang ini, mulai dari minuman teh herbal yang menyegarkan dan menyehatkan, teh khas Cina, hingga minuman segar yang terbuat dari buah-buahan. Selain itu, Long Feng Tang juga menyajikan aneka minuman Milk Tea. B&B pun langsung memesan beberapa jenis Milk Tea tersebut, yaitu Sakura, Strawberry, dan Sea Salt. Untuk Milk Tea Sakura memiliki aroma wangi yang lembut, sedangkan Milk Tea Strawberry disertai dengan potongan kecil buah strawberry segar. Meski namanya Sea Salt, namun Milk Tea jenis ini memiliki rasa karamel yang sungguh lezat.

Menu minuman teh herbal yang menyegarkan dan menyehatkan, teh khas Cina
Menu minuman teh herbal yang menyegarkan dan menyehatkan, teh khas Cina

Buat Bintarians yang penasaran dengan tempat ini, Long Feng Tang beroperasi pada hari Senin sampai Jumat, pukul 11.00 hingga 21.00 dan hari Sabtu dan Minggu pukul 10.30 sampai 21.30. Long Feng Tang beralamat di Jl. Bintaro Utama 3A no.29, Sektor 3A, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Give a comment

You must logged in to give a comment.