Memperingati Tonggak Perjuangan di Hari Dokter Nasional 2021

Hari Dokter Nasional
Peringatan Hari Dokter Nasional 24 Oktober

Bintaro and Beyond – Hari Dokter Nasional setiap tahunnya diperingati pada tanggal 24 Oktober. Dua tahun terakhir, kebetulan perayaan Hari Dokter Nasional ini jatuh di tengah-tengah pandemi Covid-19 sejak WHO menetapkan status pandemi pada 11 Maret 2021.

Hal itu membuat momen peringatan Hari Dokter Nasional menjadi salah satu momen terpenting saat ini. Terlebih dokter, perawat, dan seluruh tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam menghadapi badai Covid-19.

Berada di garda terdepan, sudah tidak terhitung tenaga kesehatan yang gugur saat menghadapi lonjakan pasien Covid-19, terutama pada sejumlah gelombang yang terjadi. Peranan penting para tenaga kesehatan dalam menjaga, merawat, dan melayani setiap pasien yang ada patut diperingati dan diapresiasi.

Di sisi lain, yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah mendengar dan sebisa mungkin mematuhi imbauan-imbauan yang dapat meringankan beban fasilitas maupun tenaga medis.

Sejarah Hari Dokter Nasional

Hari Dokter Nasional 24 Oktober
sekilas lahirnya Hari Dokter Nasional 24 Oktober

Hari Dokter Nasional diperingati pada 24 Oktober setiap tahunnya. Penetapan hari ini bertepatan dengan berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada 24 Oktober 1950 menjadikan perayaan tahun 2021 ini sebagai hari jadi ke-71 IDI. IDI merupakan organisasi profesi kedokteran di mana para pemimpin dan anggotanya hanya dokter Indonesia.

Dilansir dari Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan, Hari Dokter Nasional resmi ditetapkan pada tahun 1950. Meski demikian, Ikatan Dokter Indonesia sendiri sejatinya sudah lebih dulu lahir jauh sebelum diresmikan.

Sekilas profesi dokter di Indonesia

Hari Dokter Nasional 24 Oktober
Dokter dan Perawat Senantiasa Menjaga Kesehatan Masyarakat

Profesi dokter di Indonesia memiliki sejarah yang panjang hingga jauh sebelum Indonesia merdeka. Namun, di zaman perjuangan kemerdekaan, momentum yang meletupkan profesi dokter di Indonesia pertama kali lahir melalui keputusan Gubernemen No. 22 tentang penyelenggaraan pendidikan kedokteran di Indonesia (Nederlandsch Indie) pada 2 Januari 1849.

Keputusan untuk mendirikan sekolah pendidikan dokter di Indonesia tidak lepas dari ketidakmampuan Pemerintah Hindia Belanda yang kewalahan melawan wabah penyakit malaria.

Peran dokter di tanah air pada zaman kemerdekaan itu pula yang menjadi salah satu tonggak perjuangan bangsa melalui tugas mulianya membantu dan melayani masyarakat di bidang kesehatan.

Sejarah yang terjadi di masa lampau menjadi bibit kemajuan profesi dokter di masa kini. Maka, mari jadikan momen Hari Dokter Nasional 2021 ini sebagai pemicu untuk menjadikan dunia kedokteran di Indonesia lebih baik lagi, terutama di masa pandemi.

Terima kasih pahlawan kesehatan!

Give a comment

You must logged in to give a comment.