Mengapa Cokelat dan Bunga Identik dengan Hari Valentine?

Aika Florist Bunga Valentine Day
Bunga jadi Tanaman yang Identik dengan Hari Valentine

Hari Valentine adalah momentum kasih sayang yang dirayakan pada tanggal 14 Februari. Makna Valentine’s Day diangkat dari kisah sejarah seorang Saint Valentine, santo pelindung pecinta yang diyakini, dibunuh pada 14 Februari tahun 270 A.D. Kala itu, Kaisar Romawi Claudius II membatalkan semua pernikahan dan pertunangan di Roma karena dia mengalami kesulitan mendapatkan orang-orang terbaik untuk bergabung dengan militer. Sang kaisar percaya jika pria sudah menikah tidak bisa menjadi prajurit yang baik. 

Namun, Saint Valentine diam-diam tetap menikah. Saat ketahuan dia ditangkap dan dipukuli sampai wafat. Salah satu cerita mengisahkan bagaimana Valentine meninggalkan catatan perpisahan di secarik kertas untuk putri sipir penjara sebelum kematiannya yang bertuliskan, “Love from your Valentine”. Kartu itu diyakini sebagai kartu Valentine pertama di dunia. Namun, hari yang memperingati Valentine sangat jarang dirayakan sampai abad pertengahan.

Rasa bahagia dari Cokelat di Hari Valentine

Momen yang menyedihkan tersebut pada akhirnya terangkat. Kisah cinta Saint Valentine mulai diketahui dan tersebar ke seluruh penjuru dunia. Mulai dari beberapa negara merayakan dan memperingati peristiwa sang Saint Valentine. Perayaan Valentine semakin berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan melalui budaya yang terus menyebar. Hingga kini, Hari Valentine dirayakan di berbagai negara di dunia.

Beragam hadiah yang diberikan untuk pasangan tercinta pada perayaan ini, tetapi simbol khusus hadiah pada perayaan ini adalah bunga dan cokelat. Cokelat kerap menjadi simbol khusus pada perayaan Valentine, karena rasa manisnya merepresentasikan suatu kebahagiaan. Hal ini sudah terbukti dan teruji secara ilmiah, karena zat yang terkandung pada cokelat membuat hormon manusia menjadi stabil dan lebih tenang.

Cokelat Valenyine Day
Cokelat menjadi representasi perasaan bahagia

Bintarians yang ingin memberikan hadiah untuk orang yang dicintai pada hari Valentine, tak salah jika memiliki aneka produk spesial dari Dapur Cokelat dalam merayakan momen penuh kasih sayang tersebut. Dapur Cokelat yang terletak di Jl. Bintaro Utama DD No. 27 Sektor 3A ini menawarkan ragam produk hari Valentine mulai dari harga Rp10.000 hingga Rp305.000. 

Cokelat Hari Valentine
Menjelang Hari Valentine, cokelat bertema kasih sayang mudah ditemui

Keindahan bunga jadi simbol Hari Valentina

Selain cokelat, bunga menjadi tanaman yang dikagumi oleh wanita karena keindahannya. Tekstur dan warna dari bunga juga memberikan sugesti ketenangan bagi siapa saja yang melihatnya. Wajar saja jika para pria senang memberikan bunga kepada seorang wanita untuk meluluhkan perasaannya, karena menurut sebuah penelitian dari Universitas Rutgers, New Jersey, Amerika Serikat pada tahun 2005, secara psikologis sudah terbukti dan teruji bahwa wanita menyukai hal tersebut dan melahirkan rasa bahagia. 

Aika Florist Bunga Valentine Day
Buket bunga jadi hadiah paling romantis di hari Valentine

Bunga awalnya dijadikan sebuah alat untuk menyampaikan pesan yang bersifat non-verbal. Pada awal tahun 1700-an, Charles II dari Swedia memperkenalkan ‘Language of Flowers’ di Eropa, yang berisi arti dari berbagai bunga, termasuk arti mawar merah yang dikaitkan dengan rasa cinta. Saat ini, memberikan bunga pada acara spesial dapat diartikan sebagai lambang kekaguman dan rasa cinta.

Bunga di Hari Valentine
Bahasa bunga adalah bahasa cinta

Buat Bintarians yang mau menghadiahkan seikat bunga atau buket bunga indah kepada kekasih tersayang, salah satu florist yang dapat dipilih ialah Aika Florist. Florist yang telah merintis bisnisnya sejak tahun 2017 ini menyediakan pilihan buket cantik dari aneka jenis bunga, dengan rentang harga mulai dari Rp150.000,- hingga Rp1.500.000,-. Selain dapat melihat jenis buket bunga pada akun Instagram @aika.florist, Bintarians dapat menghubungi nomor Whatsapp di 081317503624 untuk informasi atau hanya sekedar konsultasi mengenai bunga.

Pada akhirnya, bagaimanapun asal muasal keterkaitan antara cokelat dan bunga dengan cinta, hal tersebut sudah menjadi budaya bagi kebanyakan orang untuk menunjukkan sisi romantis mereka dalam menyambut hari kasih sayang. Sekarang Bintarians sudah paham kenapa alasan bunga dan coklat menjadi simbol khusus dalam hari Valentine kan? Semoga hari Valentine Bintarians berlangsung bahagia dan romantis ya.

Give a comment

You must logged in to give a comment.