MiniBike Owners Bintaro Jadi Wadah Unik Pesepeda Ukuran Mungil

MiniBike Owners Bintaro Jadi Wadah Unik Sepeda mini di Bintaro
MiniBike Owners Bintaro Jadi Wadah Unik Pesepeda Ukuran Mungil

Sepeda mini memang biasanya identik dengan sosok sepeda yang memiliki keranjang di bagian depannya dan biasanya dipakai oleh anak-anak maupun kaum ibu untuk pergi berbelanja. Sejak puluhan tahun silam, sepeda mini telah populer di Indonesia dan di seluruh dunia. Di balik popularitas sepeda mini, sepertinya amat jarang pemilik sepeda mini yang mendandani maupun merestorasi hingga terlihat keren seperti yang dilakukan komunitas sepeda mini di Bintaro

Di tengah tren bersepeda yang kembali merebak beberapa tahun terakhir, ternyata sepeda mini juga turut dilirik oleh sejumlah penggemar sepeda di kawasan Bintaro. Dari kecintaan mereka terhadap sepeda mini, mereka sepakat untuk membuat wadah bernama MiniBike Owners Bintaro (MOB). Untuk mengenal lebih jauh mengenai komunitas sepeda mini di Bintaro ini, tim BnB sempat berkenalan dengan Ibrahim, salah satu pendiri komunitas ini dan berbincang terkait aktivitasnya bersama anggota MiniBike Owners Bintaro.

MiniBike Owners Bintaro - komunitas sepeda mini di Bintaro
MiniBike Owners Bintaro aktif dalam berbagai kegiatan bersama

Dari Pandemi, Lalu Menjadi Tren Sepeda Mini di Bintaro

“Komunitas MOB sendiri berdiri saat awal pandemi COVID-19 mulai merebak, bulan Maret 2020. Seiring pemberlakuan kebijakan work from home atau dikenal dengan sebutan WFH. Tujuannya saat itu hanya untuk menjaga imun pada masa pandemi, tapi malah komunitas ini menjadi berkembang. Pertama kumpul, cuma bertiga. Tapi berikutnya langsung puluhan pesepeda,” ujar Ibrahim.

Lebih lanjut Ibrahim menjelaskan bahwa sepeda mini tidak melulu identik dengan sepeda yang dahulu kala digunakan oleh kaum ibu berbelanja saja, namun lebih ke arah ukuran ban. Umumnya sepeda mini adalah sepeda yang menggunakan ban berukuran di bawah 26 inci.

“Oleh karenanya, di komunitas ini juga ada anggota yang menggunakan sepeda BMX maupun sepeda chopper. Karena ban yang digunakan pada sepeda tersebut berukuran 20 inci,” imbuhnya.

MiniBike Owners Bintaro - komunitas sepeda mini di Bintaro
Kumpulan sepeda milik komunitas MiniBike Owners Bintaro

Lawas Tapi ‘Wah’

Karena rata-rata sepeda yang digunakan oleh anggota MOB ini jenis klasik atau model lawas, tentu ada tantangan tersendiri saat memperbaiki maupun mendandaninya. Apalagi semakin tua sepedanya, selalu ada saja yang minta ‘jajan’. Oleh sebab itu, seperti hobi-hobi lainnya, ngulik menjadi bagian yang seru dari aktivitas pecinta sepeda mini di Bintaro ini.

“Kita sering cari-cari yang model lawas di tukang loak, terkadang masih bisa dapat yang harga murah, lalu diperbaiki. Meski dapatnya murah, tapi proses merestorasinya pun bisa membutuhkan biaya yang lumayan besar, bahkan setara dengan sepeda lipat masa kini. Tentu kembali lagi ke selera pemiliknya ya,” tutur Ibrahim.

Untuk komponen atau suku cadang sepeda, jika memang mencari yang unit langka pasti susah-susah gampang, terlebih lagi kalau yang model klasik.

“Solusinya ya memang harus kontak beberapa rekan di komunitas lain di Facebook. Atau jika ada dananya, langsung pesan via eBay atau AliExpress. Tapi kalau komponen buat sepeda modern, di beberapa toko sepeda pasti ketemu kok,” jelasnya.

Kumpul bareng MiniBike Owners Bintaro - Komunitas sepeda mini di Bintaro
Ngumpul seru dan ceria bareng MiniBike Owners Bintaro

Banyak Aktivitas Untuk Silaturahmi

Terkait aktivitas MOB sendiri, komunitas ini tak hanya gemar bersepeda antar sesama anggota saja, namun juga menjalin hubungan yang erat dengan komunitas sepeda lainnya. Mulai dari mengikuti beragam acara, riding bareng, buka puasa bersama, hingga aksi sosial. “Silaturahim ini mempererat kita semua, meski masih-masing anggota memiliki sepeda yang saling berbeda. Malah ini yang membuat kita solid,” kata Ibrahim.

Jadi, Bintarians yang kebetulan punya sepeda yang berukuran tidak besar dan menggunakan ban di bawah 26 inci, serta ingin gowes bareng dengan penggemar sepeda mini lainnya, jangan ragu buat ikutan dengan aktivitas MOB ini. Biasanya komunitas ini berkumpul pada hari Minggu pagi di depan dealer Wuling Bintaro, lalu selanjutnya riding ke seputaran Bintaro. “Jangan lupa bawa hand sanitizer dan pakai outfit wajib supaya aman. mulai dari helm, masker, baju lengan panjang, serta sepatu ya,” tutup Ibrahim.

Untuk informasi lebih lanjut, Bintarians juga bisa melihat aktivitas MOB di akun instagramnya @minibikebintaro.

Sampai ketemu di jalan, Bintarians!

Give a comment

You must logged in to give a comment.