Penetapan Awal Ramadhan 1443 Hijriah, Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat pada 1 April 2022

Ilustrasi Pelaksaan Sidang Isbat Ramadhan 1443 H
Penetapan Awal Ramadhan 1443 Hijriah, Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat pada 1 April 2022/ Foto: Pexels/ Lucas Pezeta

Tinggal menghitung hari seluruh umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa. Masyarakat pun sudah mempersiapkan segala keperluan terkait bulan suci Ramadhan. Momen terbaik untuk membersihkan dosa-dosa dan mencari keberkahan.

Namun, apa kamu sudah tahu kapan awal puasa Ramadhan 1443 Hijriah 2022?

Meskipun sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2022 belum dilaksanakan pemerintah, tak sedikit masyarakat yang mengira bahwa awal puasa jatuh pada tanggal 2 April 2022. Tapi, sebaiknya kita menunggu hasil sidang yang akan dilaksanakan pemerintah.

Jadwal Sidang Isbat Awal Puasa 2022

Melansir dari laman resmi Kemenag pada Rabu, 30 Maret 2022,Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) 1 Ramadhan 1443 H pada Jumat, 1 April 2022 petang. di Auditorium HM Rasjidi Kemenag.

Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar), Kementrian Agama Adib, sidang isbat dilakukan dengan segala pertimbangan seperti hasil perhitungan secara astronomis (Hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (Rukyatul) hilal. Secara hisab, kata Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB.

“Pada hari rukyat, 29 Syakban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit,” jelas Adib di Jakarta, Jumat 25 Maret 2022..

Libatkan Beberapa Peserta yang Berkompeten

Dalam sidang isbat yang akan dilaksanakan pada 1 April 2022, Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah Ismail Fahmi mengatakan akan melibatkan beberapa peserta yang akan hadir dilokasi penentuan hilal.

Diantaranya adalah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

Ismail menambahkan nantinya pelaksanaan sidang isbat penentu awal Ramadhan 1443 H akan disiarkan langsung di televisi nasional TVRI dan melalui media sosial Kementrian Agama (Kemenag).

Demikian informasi mengenai sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1443 H yang akan dilaksanakan Kementrian Agama (Kemenag) pada Jumat, 1 April 2022. Semoga ibadah puasa tahun ini diberi kelancaran dan keberkahan.

Give a comment

You must logged in to give a comment.