Ragam Aktivitas Para Mantan Awak Kabin yang Tergabung dalam Komunitas D’Crews

D'Crews
Komunitas para mantan awak kabin Garuda Indonesia D’Crews

Secara umum, komunitas merupakan kelompok sosial pada suatu masyarakat terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi di lingkungan tertentu. Biasanya, kelompok sosial ini memiliki ketertarikan yang sama. Namun komunitas juga memiliki arti lain tergantung konteksnya. Dalam aktivitas sosial, komunitas menjadi wadah perkumpulan dari individu-individu dengan hobi dan minat sejenis untuk saling bertukar pikiran.

Rasa Saling Memiliki, Arti Sebuah Komunitas

Mereka membentuk komunitas untuk saling bertukar pikiran dan berkomunikasi satu sama lain dengan minat dan hobi yang sama. Tentunya setiap anggota komunitas juga mendapat manfaat dengan bergabung di komunitas tersebut. Komunitas merupakan kumpulan dari para anggotanya yang memiliki rasa saling memiliki, terikat di antara satu dan lainnya dan percaya bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama para anggota berkomitmen untuk terus bersama-sama.

Hal tersebut pula sepertinya yang menjadi dasar terbentuknya D’Crews. Komunitas ini merupakan perkumpulan mantan awak kabin perusahaan penerbangan Garuda Indonesia, yang kini bersama-sama menjalankan beragam aktivitas setelah tidak aktif lagi di perusahaan tersebut. Awalnya komunitas ini terbentuk hanya dalam bentuk BlackBerry Messenger (BBM) di tahun 2007, kemudian pindah menuju WhatsApp Group di tahun 2012.

Syarat Khusus di D’Crews Community

Komunitas D’Crews saat ini memiliki jumlah anggota sebanyak 45 orang dan terus akan bertambah dari hari ke hari. Satu yang pasti, hanya mantan awak kabin Garuda Indonesia saja yang diizinkan bergabung. Jika sebelum pandemi COVID-19, para anggota D’Crews saling berjumpa sebanyak 3 kali dalam 1 minggu. Namun, kini mulai dicoba kembali pertemuannya sebanyak 1 kali dalam 1 minggu. Dari puluhan anggota komunitas D’Crews, masing-masing memiliki kelebihan, hobi, dan talenta tersendiri. Ada yang menyukai olahraga lari, ada yang berwiraswasta, hingga yang mendalami bidang seni.

Line Dance Bersama D’Crews Community

Line Dance D'Crews
Line Dance Bersama D’Crews Community

Terkait dengan bidang seni, para anggota D’Crews juga aktif dalam kegiatan line dance. Sebagai informasi, line dance merupakan tarian yang terkoreografi dengan urutan langkah yang berulang. Biasanya tarian ini terdiri dari sekelompok orang yang berada berada dalam satu baris atau lebih, di mana mereka berhadapan di arah yang sama dan melakukan gerakan yang sama sesuai dengan irama lagu. Line dance dipopulerkan di Amerika Serikat dan terinspirasi dari beragam tarian yang berkembang pada tahun 1800an.

Hitungan langkah dalam bahasa Inggris mengantarkan para anggota untuk mengikuti irama serta mengingat gerakan. Di barisan terdepan, tentu ada instruktur koreografi yang tanpa lelah memberikan instruksi untuk langkah selanjutnya dalam menari. D’Crews sendiri pernah beberapa kali melakukan line dance performance di Gandaria City pada tahun 2017, menyusul di Lippo Mall Kemang pada tahun 2018 dan 2019, serta di Balai Sarwono pada tahun 2022 ini.

Tak beraktivitas sendiri saja, namun D’Crews juga berencana untuk melakukan kegiatan sosial dengan mengunjungi panti asuhan dan panti jompo. Sehingga D’Crews ingin selalu dapat memberikan hal yang berguna dan bermanfaat untuk banyak orang, tak hanya antar anggota, namun kepada masyarakat luas melalui beragam aktivitas yang dilakukan selama ini hingga masa depan.

Give a comment

You must logged in to give a comment.