Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Pulang Kampung Dengan Rasa Aman dan Nyaman

Ilustrasi Vaksin Booster
Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Pulang Kampung Dengan Rasa Aman dan Nyaman/ Foto: Pixabay/ Parang Mehta

Umat Islam di dunia sedang menanti bulan yang penuh dengan berkah yakni Bulan Ramadhan. Dengan begitu, menjelang Ramadhan tidak sedikit masyarakat yang sudah menyiapkan berbagai hal, seperti persiapan mental, fisik dan lain sebagainya. Hal ini demi memperlancar ibadah.

Bulan Ramadhan adalah bulan suci dan penuh ampunan. Oleh karena itu, diwajibkan untuk kita kaum muslim untuk memperbanyak doa, berbuat kebaikan, hingga menjalankan ibadah puasa yang telah dianjurkan oleh Rasullulah SAW. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah.

Disamping itu semua, ada hal yang paling identik dengan bulan suci Ramadhan adalah kegiatan mudik lebaran khususnya masyarakat yang memiliki kampung halaman. Bertemu sanak saudara di saat lebaran menjadi hal yang paling membahagiakan pastinya. Jalin silaturahmi, saling memaafkan dan mendoakan.

Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022

Vaksin Booster Syarat Mudik 2022
Vaksin Booster Syarat Mudik 2022/ Foto: Pixabay/ al-grishin

Tapi, ada yang perlu kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk mudik. Pemerintah telah menetapkan persyaratan mudik lebaran 2022 yang harus dilakukan oleh pemudik melihat kondisi pandemi Covid-19 masih belum hilang. Meskipun kasus Covid-19 Indonesia sudah alami penurunan dan sejumlah peraturan pun sudah dilonggarkan, kita sebagai masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan.

Kembali ke isu syarat mudik lebaran 2022, pemerintah menetapkan Vaksin Booster menjadi syarat wajib para pemudik yang hendak melakukan perjalanan. Hal ini tidak semata-mata dilakukan pemerintah tanpa pertimbangan yang jelas.

Menurut Menteri Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi, mobilitas mudik lebaran itu sangat tinggi sehingga memungkinkan adanya lonjakan penularan Covid-19. Mengenai vaksin Covid-19, pemerintah terus genjot program vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia agar mencapai Herd Imunity.

“Mobilitas masyarakat yang masif memungkinkan penularan Covid-19 yang lebih tinggi. Maka dari itu vaksinasi booster penting dilakukan untuk membantu mengurangi dampak kesakitan jika tertular Covid-19,” kata Siti Nadia Tarmidji dalam keterangan tertulis, dikutip Bintaro and Beyond.

Selain Menkes, melansir dari Antara pada 28/03/22, Presiden Joko Widodo menegaskan mudik lebaran 2022 diperbolehkan dengan syarat sudah divaksin dosis 1 dan dosis 2 serta vaksin dosis ketiga Booster. Namun vaksin booster menjadi syarat wajib mudik di tahun 2022.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran juga dipersilahkan, juga diperbolehkan, dengan sayarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster.” Kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers daring dari Istana Merdeka, Jakarta.

Kendati demikian, Presiden Jokowi mengingatkan kepada para pemudik untuk tetap menerapkan protokkol kesehatan yang ketat, karena perizinan mudik ini juga melihat perkembangan Covid-19 di Indonesia yang kian membaik.

Selain itu, kegiatan umat muslim di masjid atau mushola seperti sholat tarawih dan aktifitas keagamaan lain sudah diperbolehkan dan kembali lagi pada penerapan prokes ketat mengingat Covid-19 masih ada.

“Tahun ini umat muslim dapat sholat tarawih di masjid dengan tetap menerapkan protocol kesehatan,” Jelas Presiden Jokowi

Give a comment

You must logged in to give a comment.